Pengumuman Hasil UN SMP 2012 Pekanbaru Riau

Pengumuman Hasil UN SMP 2012 Pekanbaru Riau Kemarin, Selasa (29/5), Dinas Pendidikan (Disdik) Riau mulai jemput hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs ke Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direncanakan, Kamis (31/5) mendatang, Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) sudah diserahkan kepada kabupaten/kota dalam sebuah pertemuan.

Menurut Ketua Pelaksana UN Provinsi Riau tahun 2012, Dra Dewi Riyawati Andamari kepada wartawan, hari ini (kemarin-red) ia dan Sekretaris Disdik Riau, Abdul Kadir akan menjemput hasil nilai UN SMP/MTs ke Puspendik di Jakarta. "Hari ini akan kami jemput ke Puspendik," paparnya.

Hasil UN tersebut diberikan dalam bentuk compact disc (CD). Disdik baru bisa menyerahkan hasilnya ke masing-masing kabupaten/kota dalam pertemuan resmi yang rencana dilakukan pada hari Kamis mendatang.

Jelang pertemuan tersebut, Dewi menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh panitia UN di masing-masing kabupaten/kota. Diantaranya, dalam DKHUN yang akan dibagi nanti, Disdik hanya mencantumkan tanda L jika siswa bersangkutan lulus dan tanda garis datar (-) untuk siswa yang tidak lulus.

Selanjutnya, apabila ada perubahan data siswa, pihak sekolah diharapkan segera mengirimkan kembali data yang benar ke Disdik Riau melalui Bidang SMP. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan di dalam pencetakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). Beberapa perubahan yang perlu dicermati itu adalah, nama, tempat tanggal lahir dan nama orangtua siswa.  Ataupun juga kalau terjadi pergantian kepala sekolah.

Pihak sekolah juga diminta mengisi data sarana, prasarana dan guru yang ada di dalam software UN atau terlebih dahulu di print out serta diisi secara manual. Selanjutnya, data tersebut dikirim juga ke Disdik Riau melalui Bidang SMP paling lambat tanggal 6 Juni atau sebelum penyerahakan SKHUN.

Dewi mengingatkan kembali bahwa siswa yang dinyatakan lulus jika nilai akhir yang diraihnya 5,5 dan nilai akhir untuk setiap mata pelajaran paling rendah 4,0. Hal sebelumnya memang telah disampaikan kepada masing-masing kabupaten/kota dan diketahui setiap sekolah penyelenggara UN.

Sementara itu, berdasarkan jadwal, pengumuman hasil UN SMP/MTs baru dilakukan pada tanggal 2 Juni mendatang. Menjelang pelaksanaan pengumuman tersebut, Disdik belum bisa merinci rangking berdasarkan nilai rata-rata hasil UN SMP/MTs yang diperoleh kabupaten/kota. (www.tribunpekanbaru.com/hes)

0 komentar:

Poskan Komentar