Cara mudah membuat favicon di blog

Sebelum saya beritahu cara membuat favicon di blog ada baiknya saya perkenalkan dulu apa itu favicon? Favicon adalah icon kecil yang terletak di pojok kiri address bar atau di tab. Favicon berfungsi untuk memberikan gambaran tentang icon blog anda. Pada dasarnya favicon default dari blogspot itu menggunakan simbol B dan warna bagroundnya jingga, agar lebih keren dan ingin mencerminkan blog anda sendiri ada baiknya favicon itu kita ubah, oke langsung aja gini caranya
langkah pertama anda harus punya dulu gambar icon ukurannya 16x16 ataupun 32x32 bisa buat pake software desain grafis,eps bisa juga yang animasi itu tergantung selera anda, low lom ada anda juga bisa downlod gratis disini atau   minta bantu buatin secara gratis juga disini low dah buka situs itu dibagian Create a FavIcon from any picture pilih tombol browse atau telusuri dalam bahasa indo kemudian klik generate favicon.ico.

low udah download filenya ‘download favicon package'.
terus Extract file zip . Lalu upload deh favicon.ico dan animated_favicon1.gif (untuk favicon menggunakan animasi) ke file hosting image gratis kayak Photobucket .

Low udah ke website photobucket login dulu low ga daftar ‘gratis’. Low dah login klik upload terus pilih upload file from komputer terus klik select photo and video, pilih favicon yang udah diextrak tadi next klik open, tunggu sampai proses upload selesai. Udah selesai yha,,udah do.. terus arah kursor ke icon yang udah di upload klik pada bagian HTML code terus klik aja otomatis codenya akan tercopi.
 
Lanjut kopi pastekan ke notepad dulu yha, nah udah tu ambil code pada bagian img src nya

Kayak gambar dibawah ini yang diambil yang dihighight yha,,

Kita lanjut ke bloger untuk penerapannya,login ke bloger anda dulu ,low dah di home klik di rancangan terus edit html, kopikan dulu  yha kode dibawah ini:
<link rel="shortcut icon" href="favicon.ico" />
<link rel="icon" href="animated_favicon1.gif"  type="image/gif" />
Pastekan kode diatas tepat di dibawah kode ini :
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
“Gunakan control F pada browser untuk mempermudah pencarian”

Low udah pada bagian
<link rel="icon" href="animated_favicon1.gif" type="image/gif" />
anda ganti dengan href=”sesuaikan alamat” sesuai dengan alamat tempat penyimpan favicon kita atau biar gampang pastekan file yang dinotepad yang dikasih tanda highlight sesuai tempat penyimpan kita di photobucket.

Jadinya kayak gini
<link rel="shortcut icon" href="favicon.ico" />
<link rel="icon" href="http://i1268.photobucket.com/albums/jj568/Azby_Mabra/animated_favicon1.gif" />
Cukup itu saja dari sayadan semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment